Pentingnya Mengetahui Tokophobia, Ketakutan Akan Kehamilan dan Persalinan

Sabtu, 20 Juli 2019 - 15:29 WIB
Pentingnya Mengetahui Tokophobia, Ketakutan Akan Kehamilan dan Persalinan
Pentingnya Mengetahui Tokophobia, Ketakutan Akan Kehamilan dan Persalinan
A A A
JAKARTA - Memiliki bayi biasanya dikaitkan dengan banyak kegembiraan. Namun, ada persentase kecil dari wanita, sekitar 3-15 persen yang memiliki kecemasan atau ketakutan yang kuat terkait dengan kehamilan dan persalinan.

Dalam istilah medis, ketakutan seperti itu dikenal sebagai Tokophobia yang berasal dari kata Yunani 'tokos' yang artinya melahirkan anak dan 'phobos' yang berarti ketakutan.

Meskipun awalnya didokumentasikan dalam literatur medis lebih dari 150 tahun yang lalu, Tokophobia sebagian besar masih belum diakui dalam komunitas obstetri. Ketakutan akan kehamilan dapat mengakibatkan penghindaran untuk hamil atau bahkan karena metode pengendalian kelahiran tidak pernah 100 persen efektif, suatu penghindaran dari hubungan seksual.

Tokophobia terdiri dari dua jenis, primer dan sekunder. Jenis primer mempengaruhi wanita yang belum mengalami persalinan dan sekunder, mempengaruhi wanita yang pernah mengalami persalinan sebelumnya.

Alasan mengalami Tokophobia mungkin rumit, dengan beberapa wanita takut akan kehidupan anak mereka, sementara yang lain takut akan hal yang tidak diketahui dan bahkan ketidakpastian terkait dengan proses persalinan dan kelahiran.

“Perempuan juga mungkin kurang percaya pada layanan kebidanan atau takut ditinggal sendirian dalam persalinan,” kata Prof Suneeta Mittal, direktur dan kepala, Departemen Obstetri dan Ginekologi, Fortis Memorial Research Institute.

“Terkadang teman dan keluarga juga berkontribusi terhadap ketakutan dengan menceritakan pengalaman menyakitkan atau traumatis mereka sendiri. Sering kali rasa takut akan kelahiran ini memotivasi permintaan untuk operasi caesar elektif. Selain itu, rasa takut sakit persalinan sangat terkait dengan rasa takut sakit pada umumnya. Kecemasan selama periode antenatal telah dikaitkan dengan peningkatan risiko depresi pascanatal dan ikatan ibu bayi yang buruk,” tambah Prof Mittal.

Mengenali kondisinya dan mengobatinya bisa melalui konseling dan dukungan keluarga. Paling tidak, dapat membantu mengurangi keparahan dan memastikan perawatan yang efektif.

Jika wanita primipara, harapan rasa sakit yang tidak diketahui menyita seluruh kehamilannya dengan kecemasan ekstrem. Jika dia sudah menjadi seorang ibu, dia takut akan kemungkinan cedera obstetri, kurangnya kontrol rasa sakit, tidak adanya dukungan suami atau keluarga dan kadang-kadang kehilangan bayi, atau hidupnya sendiri. Banyak yang mengatasi kecemasan mereka dengan bantuan suami, keluarga atau teman dan dukungan dokter kandungan.

“Kami baru-baru ini memiliki pasien yang sangat ingin hamil. Tetapi dia berhasil mencapai kehamilan dengan diagnosis dan perawatan yang tepat. Dia, bagaimanapun, terus-menerus di bawah rasa takut yang mengerikan akan melahirkan dan konsekuensinya. Selama sembilan bulan kehamilannya, ia menderita tokophobia. Tetapi dengan konseling dan dukungan yang tepat, dia akhirnya memberikan hasil yang baik dengan normal,” kata Prof Mittal.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4972 seconds (0.1#10.140)